Menarik Pengunjung untuk Datang Lagi ke Blog Kita

Setiap blogger pasti berharap tulisan-tulisannya dibaca oleh sebanyak mungkin orang, memperoleh banyak komentar, dan mempunyai blog luar biasa dengan 5 digit jumlah subscriber. Kita mencoba berbagai cara untuk mencapainya. Namun, kadangkala kita berbuat sesuatu yang justru membuat pembaca kabur dari blog kita. Coba kita lihat apa saja hal-hal yang membuat pembaca kita tidak lagi kembali ke blog kita.

Terlalu Banyak Monetize Blog:

Tidak ada salahnya sebuah blog mempunyai beberapa pasang iklan mencoba mencari pemasukan, tapi jika halaman blog tersebut dikotori dengan banyak iklan dibandingkan konten, jangan berharap pembaca kita akan tinggal lebih lama di blog kita. Sekali lagi, tidak ada salahnya memperoleh penghasilan dari blog kita, juga tidak ada salahnya memasang iklan di blog. Hanya saja, jangan sampai iklan-iklan tersebut menghalangi konten atau mungkin tombol-tombol di halaman blog.

Tidak Menanggapi / Menghargai Komentar:
Pembaca kita mengorbankan jadwal waktunya yang padat untuk meninggalkan kesn atau pesan atau mungkin pertanyaan di blog kita. Setidaknya yang kita harus lakukan adalah mengucapkan terima kasih. Terima kritik jika pembaca kita mempunyai pandangan yang berbeda.

Navigasi yang Kurang Baik:
Salah satu hal yang membuat banyak pembaca blog berpaling dari blog kita adalah navigasi blog yang buruk. Sungguh menjengkelkan ketika kita tidak bisa berpindah untuk mencari apa yang kita inginkan.

Aturan yang paling penting dalam mendesain website yang baik adalah membuat navigasi yang mudah sehingga pengunjung dapat segera menemukan apa yang diinginkannya. Usahakan adar setiap halaman dari blog kita dapat dicapai hanya dengan 2 klik dari halaman awal. Untuk situs yang besar, mungkin hal ini tidak mudah, namun menawarkan sitemap dan kotak pencarian dapat bekerja dengan baik.

Penulisan dan Format yang kurang baik:
Konten adalah raja, tapi jika sang raja “mengenakan seragam yang jelek” tentu pembaca kita tidak akan menyukainya. Format yang jelek, huruf terlalu kecil, kombinasi warna yang morat-marit dan paragraf yang panjang serta konten yang tidak mudah dibaca dengan cepat benar-benar menyakitkan untuk mata.

Tidak ada yang sempurna dan para pembaca pun tahu hal tersebut, namun sedikit usaha dapat membuat banyak perbedaan.

~ by chibikuro on June 27, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: